Translate

Sabtu, 08 September 2012

DOA FORMIL



DOA FORMIL

Yang penulis maksudkan dengan doa formil adalah doa yang dibacakan dalam suatu acara resmi, seperti upacara hari kemerdekaan, hari pahlawan, atau acara pelantikan jabatan tertentu.  Lazimnya doa yang dibacakan pada acara resmi tersebut cenderung bersifat formalistic (hanya formalitas belaka) sehingga seringkali menimbulkan kesan seperti pembacaan laporan dari
bawahan kepada atasan, bukan permohonan seorang hamba kepada Tuhan. Kesan lain adalah hampa dan menjemukan. Akan tetapi tidak tepat pula kalau doa yang dibacakan pada acara resmi dibawakan seperti munajat menghiba sambil menangis bercucuran air mata.
Melalui tulisan ini penulis sekedar ingin berbagi pengalaman, karena selama bertugas penulis sering diminta untuk membacakan doa pada acara-acara resmi.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi seorang petugas pembaca doa pada acara resmi, antara lain sebagai berikut:
1.      Doa adalah permohonan dari seorang hamba kepada Tuhan, karena itu sekalipun dibacakan pada acara  resmi, tetap tidak boleh kehilangan substansinya sebagai doa.
2.      Etika dan tata cara berdoa sebagaimana diajarkan oleh agama (Islam) tetap harus dijaga, misalnya diawali dengan memuji Allah dan bershalawat kepada Rasulullah, dibacakan dengan ikhlas, khusyuk, tadharruk (rendah hati), dan suara yang lemah lembut (QS.7:55).
3.      Materi doa sebaiknya terkait dengan acara resmi yang akan atau telah berlangsung.
4.      Bahasa doa disusun dengan bahasa yang indah, tidak harus puitis, namun jika bisa dengan  puitis lebih baik, karena enak didengar dan bisa menyentuh hati.
Jika keempat poin di atas telah dipenuhi, maka ada satu hal yang jauh lebih penting dari semua itu, yakni kesiapan mental dari pembaca doa itu sendiri. Pembaca doa terlebih dahulu harus menghayati doa yang akan dibacakannya sehingga bisa menjiwai doa yang akan dibacakan, karena seindah apapun bahasa doa yang dibuat, jika dibacakan tanpa penjiwaan, maka akan terkesan hampa tak bermakna.
Contoh doa pelantikan hakim bisa didownload di sini.http://www.mediafire.com/view/?tcd7dvbc7b8d6ob

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.